Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Departemen Media dan Informasi itu Keren

Departemen Media dan Informasi itu Keren

Pengertian Media Informasi Menurut Para Ahli

Media informasi dapat disimpulkan sebagai alat untuk mengumpulkan serta menyusun kembali sebuah informasi sehingga menjadi bahan yang bermanfaat bagi penerima informasi.
Adapun penjelasan Sobur (2006) media informasi merupakan “alat-alat grafis, fotografis atau elektronis untuk menangkap, memproses, serta menyusun kembali informasi visual”.
Media Informasi sebagai alat yang dapat menyampaikan suatu informasi harus tepat sasaran agar dapat tersampaikan dengan baik pada target sasaran sehingga bisa bermanfaat bagi pembuat maupun penerima informasi.

Media informasi dapat dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu :

1. Media Lini Atas, Merupakan media yang tidak langsung bersentuhan dengan target audiens serta jumlahnya terbatas tetapi jangkauan target yang luas, seperti billboard, iklan televis, iklan radio, dan masih banyak lagi.

2. Media Lini Bawah, media ini tidak disampaikan atau disiarkan melalui media massa serta jangkauan target hanya berfokus pada satu titik atau daerah, seperti brosur, Poster, flyer, Sign System dan masih banyak lagi.

3. Media Cetak, dapat berupa brosur, koran, majalah, poster, pamflet, spanduk, dan masih banyak lagi

4. Media Elektronik, Media ini dapat disampaikan melalui radio, kaset, kamera,handphone, dan internet.

Pengertian media informasi dalam lingkup organisasi mahasiswa

Divisi Media dan Informasi merupakan divisi yang bertanggung jawab menghimpun, mengolah dan mempublikasikan informasi melalui media- media yang dimiliki oleh sebuah himpunan serta menjadi wadah mahasiswa yang memiliki minat di bidang jurnalistik dan atau multimedia untuk mengembangkan minat dan bakatnya dibidang tersebut.

Departemen ini berfokus untuk mengekspresikan segala bentuk informasi kegiatan serta kemahasiswaan dalam bentuk digital dan non digital.


Departemen Media dan Informasi adalah departemen yang berperan dalam mengkomunikasikan informasi kepada para stakeholder suatu himpunan melalui media online dan offline. Departemen ini memfasilitasi publikasi informasi seperti publikasi hasil kajian suatu himpunan, publikasi kegiatan, dan dokumentasi kegiatan baik berupa foto, video maupun tulisan.

Dalam menjalankan perannya, departemen  medinfo mengemas publikasi dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Selain itu, departemen medinfo juga memfasilitasi hubungan organisasi dengan pihak luar melalui media sosial yang dikelolanya.

Program Kerja yang mungkin ada di departemen ini:

  • Pembuatan Majalah cetak
  • Pembuatan Majalah Dinding (Mading)
  • Pengelolaan website
  • Pengelolaan media komunikasi (social media)
  • Pembuatan video profil suatu himpunan
  • Sekolah media
  • Lomba fotografi
  • Lomba desain
  • Seminar
  • dll.
Departemen Media dan Informasi itu Keren
Ilustrasi Media dan Informasi
Sumber : Koleksi Pribadi

Departemen ini membutuhkan mereka-mereka yang memiliki kreativitas & hobi. Kreativitas disini maksudnya adalah mereka memiliki keterampilan dalam mengolah media, baik media visual dan non-visual sehingga mampu menghasilkan karya yang bagus.

Sedangkan hobi adalah mereka yang memang senang jika melakukan apapun yang nantinya dikerjakan di departemen atau kementrian terkait. Di medinfo misalkan, ia senang jika disuruh mendesain sesuatu, searching informasi, dan lain sebagainya.

Kenapa harus yang hobi? Karena dengan adanya hobi, seolah-olah mereka yang melakukan program kerja departemen layaknya sedang ‘bermain’ dengan kesenangannya, meski itu harus bekerja menjalankan proker sepanjang periode kepengurusan. Jadi seolah-olah mereka tidak ada paksaan dalam mengemban amanah.

Dengan tidak mengurangi rasa hormat, saya berani mengatakan bahwa baik-buruknya citra suatu lembaga di kalangan luar (mahasiswa lain atau masyarakat) tergantung bagaimana media informasi lembaganya bekerja.

Kuncinya apa jika seperti itu? Jelas, orang-orang yang berada di departemen ini dituntut untuk bisa istiqomah dalam bekerja. Tidak hanya satu bulan, dua bulan atau jika ada acara & kegiatan departemen lain saja media informasi lembaganya aktif, tapi adalah SEPANJANG PERIODE media informasinya harus aktif bekerja.

Itulah mengapa departemen atau kementrian yang satu ini membutuhkan mereka-mereka yang memiliki kreativitas dan hobi. Bagaimana dengan mereka yang bertipe organisatoris? Mereka yang berpengalaman dalam berorganisasi juga tidak semata-mata terlupakan, dia juga diperlukan di media informasi. Namun cukuplah posisinya sebagai koordinator atau pimpinan yang mengarahkan staf-stafnya.

Cukup itu saja. Sisanya, secara prioritas & kuantitas, departemen seperti ini harus mampu menjaring orang-orang yang memiliki kreativitas & hobi. Agar media informasi suatu lembaga berjalan efektif sepanjang kepengurusan, tidak dengan paksaan, dan tentunya, mampu menumbuhkan citra positif terhadap lembaga itu sendiri.



Sumber:
Masterpendidikan.com
hmtpwk.ft.ugm.ac.id
Ahmad Nurwahid
Ahmad Nurwahid Seorang pengangguran yang sedang menekuni dunia freelance.

2 komentar untuk "Departemen Media dan Informasi itu Keren"

  1. mohon ijin mengambil beberapa bagian tulisan di atas sebagai bahan improvisasi bagi program kerja dan pengembangan divisi media dan informasi di tempat kami, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan untuk digunakan dengan bijak tulisan saya. Semoga bermanfaat yaa ehe

      Hapus